cao pi - wikipedia





Cao Pi (187 - 29 Juni 226 [1]), secara resmi dikenal sebagai Kaisar Wen Wei, adalah kaisar pertama negara Cao Wei selama periode Tiga Kerajaan dari sejarah China. Lahir di Qiao County, Pei Commandery (sekarang Bozhou, Anhui), ia adalah putra kedua dari akhir Dinasti Han panglima perang Cao Cao.
Cao Pi, seperti ayahnya, adalah seorang penyair. Puisi Cina pertama menggunakan tujuh suku kata per baris (七言 诗) adalah puisi Yan Ge Xing (燕 歌行) oleh Cao Pi. Ia juga menulis lebih dari seratus artikel tentang berbagai subjek.
Cao Pi adalah putra tertua Cao Cao dan selir (kemudian istri) Lady Bian. Dari semua saudara-saudaranya, Cao Pi yang paling cerdas. Alih-alih belajar keras atau melakukan urusan militer, dia selalu di hadapan pejabat pengadilan dalam rangka untuk mendapatkan dukungan mereka [rujukan?]. Dia sebagian besar bertanggung jawab atas pertahanan [klarifikasi diperlukan] pada awal karirnya. Setelah kekalahan panglima perang saingan Yuan Shao di Pertempuran Guandu, dia mengambil janda dari Yuan Shao Yuan Xi putra, Lady Zhen, sebagai permaisuri, meskipun akhirnya ia kehilangan nikmat dan dipaksa untuk melakukan bunuh diri. Setelah ia menjadi kaisar, favorit lain, Guo Nüwang, menjadi permaisuri.
Pada 220, Cao Pi memaksa Kaisar Xian, penguasa terakhir dari Dinasti Han, untuk melepaskan dan memproklamirkan dirinya sebagai Kaisar Wei. Cao Pi melanjutkan perang ayahnya terhadap negara-negara saingan Shu Han dan Wu Timur tetapi tidak berhasil. Tidak seperti ayahnya, ia berkonsentrasi sebagian besar usahanya di negara asalnya. Selama pemerintahannya, ia resmi didirikan sembilan sistem peringkat Chen Qun sebagai dasar untuk nominasi layanan sipil, yang menarik banyak bakat dalam pemerintahannya. Di sisi lain, ia secara drastis mengurangi kekuasaan para pangeran, menanggalkan kekuasaan mereka untuk melawan dia, tapi pada saat yang sama, membuat mereka tidak dapat membantu kaisar jika krisis muncul dalam negaraLatar belakang keluarga dan awal karir
Cao Pi lahir di 187, untuk Cao Cao dan salah satu selir favoritnya, Lady Bian. Pada saat kelahiran Cao Pi, Cao Cao adalah seorang perwira tingkat menengah dalam penjaga kekaisaran di Luoyang ibukota, dengan tidak ada petunjuk bahwa ia akan pergi ke kampanye besar yang ia akhirnya akan melaksanakan setelah runtuhnya pemerintah kekaisaran di 190. Setelah 190, ketika Cao Cao terus berperang, tidak diketahui di mana Cao Pi dan ibunya Lady Bian itu, atau apa kegiatan mereka. Referensi tunggal untuk Cao Pi selama periode ini berada di 204, ketika ia mengambil istri Lady Yuan Zhen Xi sebagai istrinya. (Lady Zhen melahirkan putra tertua Cao Cao Pi Rui hanya delapan bulan kemudian-yang menciptakan bahwa Cao Rui murmur mungkin telah biologis Putranya Yuan Xi dan tidak Cao Pi, meskipun kemungkinan muncul masuk akal.)
Referensi selanjutnya langsung dengan kegiatan Cao Pi itu di 211, ketika ia ditugaskan untuk menjadi komandan pengawal kekaisaran dan wakil perdana menteri (misalnya, asisten ayahnya, yang kemudian perdana menteri dan kontrol yang efektif dari pemerintah kekaisaran) . Kakaknya Cao Ang telah mati sebelumnya, Cao Pi sekarang putra tertua Cao Cao, dan ibunya Lady Bian sekarang istri Cao Cao (setelah ibu angkatnya Cao Ang, istri pertamanya Cao Cao Lady Ding, digulingkan), membuat Cao Pi pewaris diduga untuk Cao Cao.
Status itu, bagaimanapun, tidak segera membuat hukum, dan selama bertahun-tahun ada keraguan Cao Cao yang dimaksudkan untuk membuat ahli waris, karena Cao Cao sangat disukai anak muda-nya, juga oleh Lady Bian-Cao Zhi, yang dikenal karena bakat sastra, sedangkan Cao Pi adalah seorang penyair berbakat, Cao Zhi bahkan lebih tinggi dianggap sebagai penyair dan pembicara. Dengan 215, saudara-saudara berada di permukaan dalam kerukunan tetapi masing-masing memiliki set-nya rekan, berkelahi satu sama lain di bawah permukaan. Awalnya, partai Cao Zhi yang tampaknya berlaku, dan mereka berhasil dalam 216 di palsu menuduh dua pejabat pendukung Cao Pi - Yan Cui dan Mao Jie. Cui dieksekusi, sementara Mao digulingkan. Namun, situasi berubah setelah Cao Cao menerima saran dari nya strategi Jia Xu, yang menyimpulkan bahwa mengubah aturan-aturan umum suksesi (anak sulung) akan mengganggu-menggunakan Yuan Shao dan Liu Biao sebagai tandingan. Cao Pi juga mendorong citranya di kalangan masyarakat dan menciptakan rasa bahwa Cao Zhi boros dan kurang bakat aktual dalam pemerintahan. Pada 217, Cao Cao, yang oleh Pangeran titik Wei, Cao Pi akhirnya dinyatakan sebagai putra mahkota nya. Dia akan tetap seperti itu sampai kematian ayahnya di 220.
Sebagai Raja Wei
Cao Cao meninggal pada musim semi tahun 220, saat dia di Luoyang. Meskipun Cao Pi telah putra mahkota selama beberapa tahun, ada awalnya kebingungan seperti apa yang akan terjadi selanjutnya. Penangkapan terutama tinggi saat, setelah kematian Cao Cao, Provinsi Qing (青州, modern, tengah dan timur Shandong) pasukan di bawah umum yang kuat, Zang Ba, tiba-tiba sepi, meninggalkan Luoyang dan kembali ke rumah. Selanjutnya, Cao Zhang, yang reputasinya militer terkenal, cepat tiba di Luoyang, menciptakan ketakutan bahwa ia berniat untuk merebut kekuasaan dari saudaranya. Cao Pi, mendengar berita ini di markas Cao Cao di Yecheng, buru-buru menyatakan dirinya Pangeran baru Wei dan mengeluarkan sebuah dekrit dalam nama ibunya, Putri Bian, sebelum menerima konfirmasi resmi dari Kaisar Xian dari Han, dari siapa ia teknis masih subjek. Setelah Cao Pi-deklarasi diri, Cao Zhang baik maupun individu lain mengambil tindakan terhadap dia. Dia kemudian memerintahkan saudara-saudaranya, termasuk Cao Zhang dan Cao Zhi, kembali ke wilayah mereka. Dengan bantuan dari Jiang Ji, situasi politik segera stabil.
Sebagai kaisar Cao Wei
Berhasil Kaisar Xian
Pada musim dingin 220, Cao Pi mulai bergerak untuk tahta kekaisaran, sangat menyarankan untuk Kaisar Xian bahwa ia harus menghasilkan takhta. Kaisar Xian melakukannya, dan Cao Pi resmi turun tiga kali (model yang akan diikuti oleh perampas masa depan dalam sejarah Cina), dan akhirnya diterima, mengakhiri Dinasti Han dan Dinasti Wei memulai baru. Kaisar Xian mantan diciptakan Duke dari Shan. Cao Pi anumerta dihormati kakeknya Cao Song dan ayah Cao Cao sebagai kaisar, dan ibunya Putri Janda Bian sebagai janda permaisuri. Dia juga memindahkan ibukota kekaisaran dari Xu (许 县, di Xuchang modern, Henan) ke Luoyang.
Militer kegagalan terhadap Sun QuanBlok cetak Cao Pi mengenakan pakaian anakronistik
Setelah berita Cao Pi kenaikan (dan desas-desus palsu yang menyertainya bahwa Cao telah dieksekusi Kaisar Xian) tiba di domain Liu Bei Yi Provinsi (益州, modern Sichuan dan Chongqing), Liu Bei mengumumkan dirinya kaisar juga, membangun Shu Han. Sun Quan, yang menguasai sebagian besar tenggara modern dan selatan Cina, tidak mengambil langkah-langkah afirmatif satu atau lain cara, meninggalkan pilihan terbuka.
Sebuah konflik bersenjata antara Liu dan Sun cepat berkembang, karena dalam 219 Sun disergap umum dan dicintai teman Liu Guan Yu untuk merebut kembali bagian barat Jing Propinsi (荆州, modern, Hubei dan Hunan), yang Liu telah dikendalikan, dan Liu ingin membalas dendam. Untuk menghindari harus berjuang pada dua front, Sun secara resmi dibayar setia kepada Cao, menawarkan untuk menjadi pengikut Cao Wei. Cao strategi Liu Ye (刘 晔) menyarankan bahwa Cao penurunan-dan di Sun kenyataannya serangan terhadap sebuah front kedua, efektif partisi domain penuh Sun dengan Shu Han, dan kemudian akhirnya berusaha untuk menghancurkan Shu Han juga. Cao menurun, dalam pilihan menentukan bahwa sebagian besar sejarawan percaya bahwa ditakdirkan untuk memerintah kerajaannya hanya bagian utara dan tengah China dan kesempatan ini tidak akan datang lagi. Memang, terhadap saran Liu Ye, ia menciptakan Matahari Pangeran Wu dan memberinya sembilan bestowments.
Pengajuan matahari tidak berlangsung lama, namun. Setelah pasukan Sun, di bawah komando Lu Xun, mengalahkan pasukan Liu Bei di 222, Sun mulai menjauhkan diri dari Cao Wei. Ketika Cao menuntut Sun untuk mengirimkan ahli warisnya Ming Deng (孙 登) ke Luoyang sebagai sandera dan Sun menolak, hubungan formal mogok. Cao secara pribadi memimpin ekspedisi melawan Sun, dan Sun, sebagai tanggapan, menyatakan kemerdekaan dari Cao Wei, Wu mendirikan Timur. Pada saat ini, setelah mengalahkan Liu, pasukan Timur Wu menikmati semangat yang tinggi dan kepemimpinan yang efektif dari Sun, Lu, dan sejumlah jenderal yang mampu lainnya, dan pasukan Cao tidak mampu membuat kemajuan yang signifikan terhadap mereka meskipun beberapa skala besar serangan di beberapa tahun mendatang. Pembagian kerajaan Han menjadi tiga negara telah menjadi mapan, terutama setelah kematian Liu Bei di 223; perdana menteri Zhuge Liang, melayani sebagai bupati untuk putranya Liu Shan, membangun kembali aliansi dengan Sun, menyebabkan Cao Wei untuk harus membela sendiri pada dua front dan tidak mampu menaklukkan baik. Jengkel, Cao membuat komentar terkenal di 225 bahwa "Surga menciptakan Yangtze untuk membagi utara dan selatan."[Sunting] hal Domestik
Cao Pi pada umumnya dipandang sebagai yang kompeten, namun tidak spektakuler, administrator kerajaan. Dia menugaskan sejumlah pejabat mampu bertanggung jawab atas berbagai urusan kekaisaran, menggunakan pedoman umum ayahnya menilai kemampuan lebih dari warisan. Namun, dia tidak terbuka terhadap kritik, dan pejabat yang berani cricitize dia sering diturunkan dan, pada kesempatan langka, dihukum mati.[Sunting] Pengobatan pangeran
Karena Cao Pi masih takut dan benci pada Cao Zhi, ia segera memiliki perdikan yang terakhir dikurangi dalam ukuran dan memiliki sejumlah rekan-rekannya dieksekusi. Ding Yi, yang kepala di antara strategi Cao Zhi, telah seluruh klan nya dihapuskan sebagai hasil dari membantu yang terakhir di masa lalu. Saudara muda Cao Pi, Cao Xiong, juga dikatakan telah melakukan bunuh diri keluar dari ketakutan bagi saudaranya itu. Legenda juga mengatakan Cao Pi membunuh saudaranya sendiri, Cao Zhang. [2] Pada 223, Cao Zhang dipanggil ke istana oleh Cao Pi. Selama percakapan santai, Cao Zhang meminta sang adik jika ia bisa melihat segel kerajaan-Nya. Hal ini mendapat Cao Pi khawatir dan memutuskan untuk membunuh saudaranya. Karena Janda Sultan Bian Cao Zhang disukai, sehingga Cao Pi harus membuat kematian Cao Zhang tampak alami. Beberapa minggu kemudian, Cao Pi mengundang saudaranya ke permainan Weiqi selama ulang tahun ibu mereka. Pertandingan itu sangat dekat di tengah permainan apabila hamba-hamba Cao Pi membawa beberapa plum, beberapa dari mereka diracuni. Cao Pi memastikan dia makan yang tanpa tanda yang tidak beracun dan memastikan adiknya makan yang lain. Ketika Cao Zhang menyadari bahwa ia telah diracuni, ia menjerit minta tolong. Janda Permaisuri Bian sampai adegan di kakinya yang telanjang dan mencoba untuk mencari air untuk menyiram menuruni racun yang sekarang dalam tubuh Cao Zhang. Tapi sayangnya untuk Cao Zhang, Cao Pi licik diam-diam telah menempatkan semua kontainer pergi sebelumnya, sehingga Janda Permaisuri Bian gagal untuk mendapatkan air; Cao Zhang kemudian meninggal sebagai akibatnya.
Singkatnya, di bawah peraturan yang ditetapkan oleh Cao Pi, tidak hanya adalah Cao Wei pangeran (seperti pangeran dari Dinasti Han) menjauhkan dari politik pusat, mereka juga memiliki wewenang minim bahkan di kerajaan mereka sendiri dan dibatasi dalam banyak hal, terutama di penggunaan militer.[Sunting] Pengobatan pejabat
Cao Pi tercatat berulang kali ejekan bawahannya. Sebagai contoh, ketika Yu Jin, yang dikirim kembali ke Wei setelah ia ditangkap oleh Shu, maka Wu, Cao artistik menggodanya sampai mati. Awalnya, Cao Yu kembali menjadi Borders-menenteramkan Umum (安 远 将军) dan mengumumkan untuk mengirim dia kembali ke Timur Wu sebagai utusan. Namun, sebelum keberangkatan Yu, ia diperintahkan untuk melakukan perjalanan ke Ye untuk membayar penghormatan di makam Cao Cao. Ketika Yu tiba, ia menemukan bahwa kaisar punya cat artis di makam, adegan Pertempuran Fancheng, di mana Yu ditunjukkan memohon hidupnya terhindar dan menyerah pada Guan Yu menang, sementara bawahannya, Pang De , ditunjukkan sekarat kematian terhormat dengan melawan pasukan invasi ke napas terakhirnya. Setelah melihat mural hidup, Yu itu begitu penuh dengan penyesalan dan malu yang ia jatuh sakit dan segera meninggal. Cao Yu lanjut memberikan gelar anumerta almarhum terkenal "Marquis Li" (厉 侯), bagi orang untuk mengingat yang terakhir sebagai "Marquis berbatu (atau Marquis setan)" [3] Wang Zhong, seorang jenderal yang mengikuti Cao Cao untuk bertahun-tahun, juga diejek oleh tuan muda nya. Bahkan Grand Umum Tentara Agung, Cao Zhen, diambil keuntungan oleh Cao Pi untuk bodyshape gemuk nya.[Sunting] Pernikahan dan masalah suksesi
Isu segera setelah Cao Pi menjadi kaisar di 220 adalah siapa permaisuri akan. Lady Zhen adalah istrinya, tetapi pada titik ini lama kehilangan dukungan karena berbagai alasan-chief di antaranya adalah perjuangan dia dengan selir favorit itu Cao, Guo Nüwang. Lady Guo digunakan kemungkinan tidak mungkin bahwa Zhen putra Cao Rui mungkin secara biologis anak Xi Yuan untuk keuntungan penuh dalam menciptakan konflik antara Cao Pi dan Lady Zhen. Oleh karena itu Cao menolak untuk memanggil Lady Zhen ke Luoyang setelah dia naik tahta melainkan memerintahkan dia untuk tetap di Yecheng, yang menyebabkan Lady Zhen menjadi marah. Ketika kata-kata kebenciannya mencapai Cao, ia menjadi marah dan memaksanya bunuh diri. Pada 222, Cao Guo dibuat permaisuri permaisuri.
Ratu Guo, bagaimanapun, adalah sonless. Putra Lady Zhen itu Cao Rui adalah tertua dari putra Cao Pi, tapi karena ia telah dihukum mati dan karena keraguan Cao Pi tersisa untuk ayah nya, tidak diciptakan putra mahkota tetapi hanya Pangeran Pingyuan setelah kenaikan Cao Pi. Cao Pi, Namun, tampaknya tidak memiliki serius setiap anaknya yang lain sebagai ahli waris. (Ini mungkin karena anak-anak lainnya semua secara signifikan lebih muda, meskipun usia mereka tidak tercatat dalam sejarah.) Pada musim panas 226, ketika Cao Pi sakit parah, ia akhirnya menciptakan Pangeran Rui putra mahkota. Di ranjang kematiannya, ia mempercayakan penggantinya Cao Rui untuk perawatan Cao Zhen, Chen Qun, dan Sima Yi. Setelah kematian Cao Pi, Pangeran Rui naik tahta pada usia muda 21.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

selamat menikmati

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Popular Posts

Pengikut

Archives

anda pengunjung ke-

Blogger templates

Blogger news